Wabup Terpilih Aceh Barat: Syariat Islam Kuat Jika Individunya Bertaqwa



Sabtu, 29 September 2012 21:10 WIB

DARMANSYAH MUDA

MEULABOH – Wakil Bupati terpilih kabupaten Aceh Barat Rahmat Fitri, mengatakan penegakan syariat islam di Aceh akan semakin kuat jika individunya meningkatkan ketaqwaan mereka.

Hal tersebut disampaikan kepada The Atjeh Post usai menghadiri diskusi yang dibuat oleh Civil Education for Future Indonesian Leaders (CEFIL) di Join Kupi, Meulaboh siang tadi, Sabtu, 29 September 2012.

Pengaruh ideologi barat melalui konsep demokrasi menurutnya menjadi salah satu hal yang mempengaruhi pola pikir masyarakat. Dengan begitu katanya pemberlakuan syariat islam secara tidak langsung telah melahirkan stigma negatif bagi masyarakat karena dianggap mengatur kebebasan individu, dan ini bertentangan dengan konsep demokrasi yang menyuarakan hak-hak kebebasan seseorang.

“Demokrasi barat dibangun sebagai upaya pelemahan terhadap islam itu sendiri,” katanya.

Meski demikian katanya islam tidak perlu memerangi Amerika, negara yang selama ini dianggap sebagai kiblat demokrasi. Namun, katanya cukup dengan memperkuat diri dan kelompok, sehingga pelaksanaan demokrasi berlandaskan syariat bisa menjadi lebih baik.

“Dan metode ini nantinya akan menunjukkan kepada dunia barat bahwa islam itu demokratis, baik ditinjau dari aspek tatanan sosial maupun aspek hukum,” katanya.

Selain itu katanya, selain umat islam harus kuat dan menyatu, kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat juga harus diperhatikan karena itu merupakan wadah yang mampu menggiring aqidah umat islam.

Khusus di Aceh Barat katanya, penerapan syariat islam dan demokrasi harus mempunyai model demokrasi islam yang terarah.

Nanda juga sangat mengapresiasi inisiatif CEFIL yang telah menggelar diskusi Penerapan Demokrasi di Aceh Berlandaskan Syariat Islam. Melihat keseriusan alumni CEFIL dalam menyuarakan demokrasi dan islam, ke depan ia berencana untuk melibatkan CEFIL dalam menyusun agenda penegakan syariat islam di Aceh Barat dengan pola-pola demokrasi yang bisa diterima masyarakat dan terpola, sehingga bisa menjadi contoh bagi dunia.[] (ihn)

 

http://atjehpost.com/read/2012/09/29/22568/15/5/Wabup-Terpilih-Aceh-Barat-Syariat-Islam-Kuat-Jika-Individunya-Bertaqwa





ShortURL: http://cefil.info/?p=99 |