Tidak Sulit Mencari Pemimpin

Tidak Sulit Mencari Pemimpin

AHMAD SYAFII MAARIF: Tidak Sulit Mencari Pemimpin

YOGYA (KRjogja.com) - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Ahmad Syafii Maarif menilai mencari sosok pemimpin sat ini sebenarnya tidak sulit karena banyak stok pemimpin yang masih memegang tinggi pancasila namun belum muncul atau dimunculkan.

Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi pembicara kunci dalam seminar Menakar Kepemimpinan Indonesia Masa Depan yang digelar oleh LSM Satunama di Auditorium Tamansiswa, Sabtu (29/9). Seminar ini juga menghadirkan para panelis yakni Ifdhal Kasim (Ketua Komnas HAM), Chusnul Mariyah (mantan anggota KPU), Leonard Imbiri (Sekretaris Dewan Adat Papua) dan TM Zulfikar (Direktur Eksekutif Walhi Aceh).

Kepemimpinan, ungkap Syafii, jangan hanya diartikan secara sempit dengan memimpin suatu negara saja. Melainkan juga mencakup aspek yang sangat luas. “Misalkan saja dari segi negarawan, terdapat 3 sosok ideal namun belum memiliki kesempatan. Yakni Bung Hatta, BJ Habibie dan Jusuf Kalla. Mereka ini hampir tidak punya noda dan bisa menjadi solusi supaya landasan bangsa ini tegak kembali,” paparnya.

Sementara dari segi kepemimpinan di daerah, dalam papernya Syafii juga menyebut sosok Joko Widodo (Walikota Solo) dan Herry Zudianto (mantan Walikota Yogyakarta) yang mampu menjadi lilin di tengah masyarakat. Tidak hanya soal pemerintahan, pemimpin dari sektor bisnis kini justru banyak karya anak-anak muda yang patut diapresiasi. (M-6)

Tomi Sujatmiko | Sabtu, 29 September 2012 | 12:56 WIB | | http://krjogja.com/read/144944/tidak-sulit-mencari-pemimpin-.kr





ShortURL: http://cefil.info/?p=67 |