Ketemu Jodoh di Pelatihan CEFIL



“Tri, fotoku biyen kok gak ono (fotoku yang dulu kok nggak ada)?” tanya Dimyati Dahlan, Ketua Parade Nusantara Kabupaten Madiun pada Lastri, staff SATUNAMA. Dimyati celingukan mencari-cari foto pelatihan Civic Education fo Future Indonesian Leaders (CEFIL) yang pernah diikutinya tahun 2001 lalu.

Wah, diganti ki. Biyen neng kene (Sudah diganti nih. Dulu ada di sini,” tambahnya. Tahun 2012 ini, Dimyati kembali mengikuti pelatihan CEFIL Level III.

Tidak hanya Dimyati yang mencari-cari ‘wajah’ masa mudanya. Joaquim da Costa Freitas yang kini menjabat Staf Ahli Kementerian Pemuda dan Masyarakat Sipil Timur Leste juga mencari-cari wajahnya dari foto ke foto.

“Kita dimana ya waktu itu? Kok tidak ada? Oh, saya yang menggambar foto ini dulu,” ujarnya sambil tertawa.

Kembali ke ruangan pelatihan SATUNAMA, alumni CEFIL kembali mengenang masa-masa mereka mengikuti pelatihan. Foto-foto pelatihan angkatan awal dipajang di sela-sela jendela menambah semangat peserta tiap pelatihan CEFIL dilakukan.

Dalam Lokakarya Alumni untuk Demokrasi yang digelar Sabtu, 29 September 2012, Lindra peserta CEFIL tahun 2003 membuka rahasia. “Saya ketemu jodoh juga di pelatihan ini,” tuturnya yang disambut gemuruh para alumni CEFIL. Faishol Adib suaminya yang juga peserta CEFIL di tahun yang sama, yang juga hadir dalam kegiatan ini pun ikut tertawa. (Ninuk Setya Utami)

 





ShortURL: http://cefil.info/?p=52 |