Sekapur Sirih untuk Temu Alumni CEFIL

Sekapur Sirih untuk Temu Alumni CEFIL

SATUNAMA ChairpersonDalam konteks Indonesia, keberadaan organisasi-organisasi masyarakat sipil – OMS  (civil society organizations) sangat dibutuhkan agar demokrasi di Indonesia semakin matang dan bermakna. Kehadiran OMS yang memiliki kesadaran, pengetahuan dan keterampilan politik dalam kepemimpinannya menjadi salah satu sumber energi yang selalu mendorong gerak demokrasi agar semakin memperkuat kedaulatan rakyat.

Berpijak dari pemikiran diatas, SATUNAMA telah turut ambil bagian dalam proses membangun kesadaran, pengetahuan dan keterampilan politik di Indonesia melalui pendidikan politik yaitu Civic Education for Future Indonesian Leaders – CEFIL. Peran nyata SATUNAMA ini diwujudkan dalam pelatihan kepemimpinan masa depan OMS Indonesia yang berorientasi untuk memperkuat nilai-nilai dan gerakan demokrasi; baik dalam tataran individual maupun organisasional. Dalam tataran individual, partisipan CEFIL diharapkan dapat mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal dan intrapersonal dalam memperjuangkan nilai-nilai, pengetahuan dan keterampilan demokrasi. Di sisi lain, partisipan juga semakin dapat mengartikulasikan agenda demokrasi dalam kegiatan-kegiatan mereka sehingga dapat memperkokoh demokrasi di wilayah kerja mereka.

Pada tataran organisasional, CEFIL ingin menghadirkan pemimpin-pemimpin organisasi yang memiliki komitmen kuat untuk merancang dan mengembangkan organisasi mereka sebagai instrumen untuk melakukan transformasi sosial yang demokratis di tengah masyarakat. Dengan demikian, partisipan CEFIL dapat menjadi actor-aktor penggerak perubahan-perubahan social yang kreatif-positif dengan senantiasa membuka jaringan antar actor-aktor demokrasi seperti para politisi, lembaga politik-pemerintahan, media massa, komunitas bisnis dan jaringan OMS di tengah masyarakat mereka.

Untuk semua ini, sejak tahun 1998, SATUNAMA telah merintis dan mengembangkan pendidikan kewarganegaraan (civic education) untuk mendorong perubahan melalui peran berbagai pihak, khususnya OMS. Kini, pada tahun 2012, Temu Alumni CEFIL merupakan sebuah momentum pertemuan bersama untuk menakar kembali bentuk-bentuk perubahan yang telah terjadi di Indonesia, khususnya perubahan social-politik-budaya-ekonomi dan kepemimimpin. Pertukaran pengalaman, pemaknaan atas pengalaman dan konsolidasi diatantara OMS merupakan hal yang sangat berharga selama temu alumni CEFIL yang dapat memberikan sumbangan bagi perjuangan dan pergerakan masyarakat sipil Indonesia.

Terima kasih kepada para fasilitator dan nara sumber yang telah memberikan gagasan dan konsep-konsep perubahan social-politik-ekonomi dan budaya dalam diskusi selama pelatihan-pelatihan CEFIL. Terima kasih yang tak terhigga kepada seluruh partisipan dan peserta Temu Alumi CEFIL yang telah setia dan berdedikasi terhadap proses perubahan masyarakat Indonesia. Terima kasih pula kepada Konrad Adenauer Stiftung (KAS) yang telah bermitra dan berkomitmen untuk memperkuat demokrasi dalam kepemimpinan OMS Indonesia di masa depan.

Semoga semua pengalaman dan gagasan setiap insan dalam Temu Alumni CEFIL 2012 dapat semakin memperkaya proses pendidikan politik di Indonesia.

 

 

 

Budi Susilo

SATUNAMA





ShortURL: http://cefil.info/?p=198 |